..........Sekedar
berbagi dari training Dale Carnegie.....
BECOME A FRIENDLIER PERSON
1. Hindari
kebiasaan SOK (salahkan, omeli, kritik)
Mengkritik orang
lain tidak saja mengganggu harga diri seseorang tetapi juga membuat orang tidak
menyukai kita
2. Berikan
penghargaan yang jujur dan tulus
Cara ini adalah
cara tercepat untuk membangun citra positif mengenai diri kita. Terlebih lagi
bukankah pekerjaan kita membutuhkan bantuan dan usaha dari orang lain? Usaha
mereka memberi kontribusi pada keberhasilan kita sama seperti kita juga
berkontribusi pada keberhasilan mereka. Bukankah sudah selayaknya kita
menghargai kontribusi mereka?
3. Bangunlah
keinginan/kemauan untuk berhasil dalam diri orang lain
Sebagi orang
profesional, kita selalu berada dalam situasi dimana kita menjual ide kepada
orang lain.Orang melakukan sesuatu karena kepentingan mereka, bukan kepentingan
kita. Bila kita jelaskan bahwa ide kita dapat membuat mereka berhasil, kita
akan terkejut melihat betapa banyak kerjasama dapat kita bangun dalam
organisasi kita
4. Berilah
perhatian yang sungguh pada orang lain.
Terlepas dari
banyaknya asset fisik atau financial yang dimiliki organisasi kita, tetap saja
orang yang bekerja didalamnya yang membuatnya berhasil. Orang adalah asset kunci
dari setiap organisasi dan seharunya mengenal orang-orang dalam organisasi kita
sama pentingnya dengan mengenal aspek teknis dai pekerjaan kita. Kuncinya
adalah memberi perhatian yang sungguh. Jangan berpura-pura dengan mencoba
mengenal orang lain demi keuntungan kita sendiri. Mengenal orang lain
seharusnya selalu menjadi proses yang saling menguntungkan.
5. Senyum
Apakah kita
disukai orang-orang disekitar kita tidak tergantung pada situasi, tetapi pada
perilaku kita sendiri. Hubungan baik dalam dunia bisnis diciptakan oleh hal-hal
yang dianggap sepele, seperti perilaku ramah dan senyum bersahabat
6. Ingatlah
bahwa nama seseorang, bagi pemiliknya merupakan bunyi yang paling merdu dan
paling penting dalam segala bahasa.
Hal ini menjadi
sangat penting saat kita berurusan dengan orang-orang yang tidak sering kita
temui. Rasa hormat dan penerimaan dapat didasarkan atas hal-hal yang
sesederhana mengingat nama orang lain dan menyebutnya saat kita berinteraksi
dengan yang bersangkutan.
7. Jadilah
pendengar yang baik. Doronglah orang lain untuk berbicara banyak tentang
dirinya sendiri.
Suatu bisnis
bergerak atas dasar informasi dan apalagi cara terbaik untuk mengetahui tentang
banyak hal selain dengan cara mengikuti prinsip ini? Kita harus mendengarkan
orang lain dengan seluruh keberadaan kita. Cara kita mendengarkan orang lain
mencerminkan pikiran kita.
8. Bicaralah
sesuai dengan minat orang lain.
Sejujurnya hampir
setiap saat kita memikirkan tentang diri kita sendiri. Marilah kita ciptakan hubungan
(bisnis) yang lebih baik dengan berhenti memikirkan tentang diri dan
kepentingan kita untuk sementara waktu dan bicaralah tentang apa yang
dipikirkan lawan bicara kita.
9. Buatlah
agar orang lain merasa dirinya penting dan lakukanlah dengan tulus.
Dengan menerapkan
ini dalam interaksi sehari-hari kita dengan orang lain, maka kita menunjukkan
bawah kita menghargai kontribusi mereka dan kita membangun hubungan yang lebih
solid sehingga kita dapat dengan lebih baik dalam menghadapi tekanan sehari-hari
0 komentar:
Posting Komentar