Senin, 28 Januari 2013

Bonafiditas Perusahaan



BAGAIMANA MENCARI KAWAN DAN MEMPENGARUHI ORANG LAIN



Ø  Jangan menghakimi maka andapun tidak akan dihakimi
Ø  Desakan yang paling dalam pada sifat dasar manusian adalah ”hasrat untuk menjadi penting”
Ø  Teknik menghadapi manusia :
·         Jangan mengkritik, mencerca atau mengeluh
·         Berikan penghargaan yang jujur dan tulus
·         Bangkitkan keinginan dalam diri orang lain
Ø  Ekspresi diri adalah kebutuhan dominan dari sifat dasar manusia
Ø Individu yang tidak tertarik dengan kawan-kawannyalah yang mempunyai kesulitan terbesar dalam hidup dan memberikan luka terbesar bagi orang lain. Dari individu semacam itulah semua kegagalan muncul
Ø Kalau kita ingin berkawan biarkanlah diri kita melakukan sesuatu untuk orang lain
Ø Untuk mencari kebahagiaan kendalikanlah pikiran anda. Karena kebahagiaan tidak tergantung pada kondisi dari luar, tapi dari dalam
Ø Tetapkan dalam pikiran anda apa yang ingin anda kerjakan, kemudian tanpa membelokkan arah anda akan bergerak maju mencapai apa yang anda harapkan
Ø Membuat orang lain menyukai kita :
·         Bersungguh-sungguhlah menaruh minat pada orang lain, bukan mengusahakan orang lain tertarik padamu
·         Tersenyumlah
·         Nama seseorang bagi orang bersangkutan merupakan suara yang paling manis dan terpenting dalam bahasa apapun
·         Jadilah pendengar yang baik. Dorong orang untuk bicara tentang diri mereka
·         Bicaralah mengenai minat orang lain
·         Buat orang lain merasa penting dan lakukan itu dengan tulus
Ø  Memikat orag alin mengikuti cara berpikir anda :
·         Satu-satunya cara memeperoleh manfaat paling banyak dari perdebatan adalah menghindari perdebatan itu sendiri
·         Perlihatkan respek terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah berkata anda salah
·         Kalau anda salah akuilah dengan cepat dan simpatik
·         Mulailah dengan cara yang ramah
·         Usahakan orang lain mengucapkan ya, ya dengan segera
·         Biarkan orang lain yang lebih banyak berbicara
·         Biarkan orang lain merasa bahwa ITU ADALAH IDENYA
·         Cobalah dengan sungguh-sungguh melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain
·         Bersimpatilah dengan ide dan hasrat orng lain
·         Imbaulah motif-motif yang lebih mulia
·         Dramatisir ide-ide anda
·         Lemparkan tantangan
Ø  Sikap seorang pemimpin:
1.      Bersikaplah tulus. Jangan janjikan apapun yang tidak bisa anda tepati. Lupakan keuntungan bagi diri anda dan pusatkan pada keuntungan orang lain
2.      Ketahuilah dengan tepat apa yang sesungguhnya yang anda ingin agar orang lain kerjakan
3.      bersifatlah empatik. Tanyakan diri anda apa yang sungguh – sungguh diinginkan orang lain
4.      pertimbangan keuntungan yang akan diterima orang lain dari mengerjakan apa yang anda sarankan
5.      cocokkan keuntungan tersebut dengan keinginan orang lain itu
6.      Ketika mengajukan permintaan usahakan itu dalam bentuk yang menimbulkan ide bahwa diri sendiri akan memperoleh manfaat

Ø  Menjadi pemimpin :
·         Mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur
·         Beritahu kesalahan orang lain dengan cara tidak langsung
·         Bicarakan kesalahan anda dulu sebelum mengkritik orang lain
·         Ajukan pertanyaan sebagai ganti memberi perintah langsung
·         Biarkan orang lain memyelamatkan muka
·         Pujilah peningkatan sekecil apapun dan puyjilah setiap peningkatan. Jadiala “tuluslah dalam penerimaan anda dan murah hati dalam penghargaan anda”
·         Beri orang lain reputasi yang baik untuk mereka penuhi
·         Gunakan dorongan. Buatlah kesalahan tampak mudah diperbaiki
·         Buat orang lain senang melakukan hal yang anda sarankan

Mereka-reka Bonafiditas Perusahaan

Kadang pelamar kerja yang telah diterima di suatu kantor merasa salah masuk karena ternyata perusahaannya tidak bonafid dan tidak profesional. Sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal semacam ini. Silakan simak hal-hal berikut ini.

Kepatuhan Terhadap Aturan Ketenagakerjaan

Perusahaan yang bonafid umumnya mengindahkan peraturan yang ditetapkan pemerintah di bidang ketenagakerjaan. Hal ini sebaiknya Anda cek. Bila proses seleksi berupa wawancara, psikotes dan tes kesehatan telah dilalui dengan baik dan Anda masih mendapatkan panggilan berikutnya, maka besar kemungkinan Anda akan diterima bekerja. Jika pada kesempatan wawancara terdahulu Anda belum diberi kesempatan bertanya, inilah saatnya melakukan verifikasi. Perhatikan atau bila perlu tanyakanlah dengan cara yang santun mengenai :
-         Apakah standar gajinya memenuhi UMR yang ditetapkan pemerintah?
-         Adakah tunjangan/asuransi kesehatan dan tunjangan hari Raya?
-         Adakah Jamsostek bagi karyawannya?
-         Adakah kontrak kerja atau surat pengangkatan bagi karyawan baru?
-         Adakah peraturan perusahaan yang baku dan disahkan oleh Depnaker?

Standar Baku Organisasi Profesional
-         Apakah ada struktur organisasi yang jelas dan baku di perusahaan tersebut?
-         Adakah standar baku penilaian atas kinerja karyawan (performance appraisal) untuk kemungkinan naik gaji atau jabatan?
-         Adakah rincian tugas dan wewenang untuk masing-masing jabatan?

Lakukan Pengamatan Fisik dan Survei Diam-diam
-         Yang paling mudah diamati, tentunya adalah lokasi dan keadaan fisik kantor yang bersangkutan. Tetapi perlu diingat bahwa lokasi kantor di kawasan bergengsi di gedung yang megah bukan merupakan jaminan atas bonafiditas perusahaan yang bersangkutan. Bisa saja itu sengaja dimaksudkan sebagai kamuflase yang menyesatkan.
-         Perusahaan yang baik dan dikelola secara profesional umumnya menyediakan lingkungan kerja yang kondusif dan menetapkan aturan yang jelas bagi karyawannya. Sewaktu menghadiri wawancara, lakukanlah pengamatan fisik. Walau sekilas, tetapi seringkali bisa memberikan gambaran. Bagaimana tata letak ruang kerja karyawan? Apakah teratur dan kondusif untuk bisa melakukan pekerjaan dengan baik? Apa yang sedang dilakukan oleh karyawan-karyawannya? Serius bekerja atau makan dan bergerombol bercengkrama di saat jam kerja? Bila duduk di depan komputer, apa yang sedang dikerjakannya? Bekerja dengan program Microsoft Excel atau bermain game barangkali?
-         Perusahaan yang baik dan dikelola secara profesional umumnya menyediakan lingkungan kerja yang kondusif dan menetapkan aturan yang jelas bagi karyawannya. Sewaktu menghadiri wawancara, lakukanlah pengamatan fisik. Walau sekilas, tetapi seringkali bisa memberikan gambaran. Bagaimana tata letak ruang kerja karyawan? Apakah teratur dan kondusif untuk bisa melakukan pekerjaan dengan baik? Apa yang sedang dilakukan oleh karyawan-karyawannya? Serius bekerja atau makan dan bergerombol bercengkrama di saat jam kerja? Bila duduk di depan komputer, apa yang sedang dikerjakannya? Bekerja dengan program Microsoft Excel atau bermain game barangkali?
-         Bila perusahaan yang dituju memiliki outlet atau showroom, cobalah mengunjunginya. Mungkin awalnya Anda bisa berpura-pura berlaku sebagai pembeli untuk mengamati profesionalitas petugas yang melayani Anda. Perusahaan yang baik dan bonafid pasti akan memberikan training bagi semua stafnya yang bertugas di lini depan agar bisa memberikan layanan yang baik bagi pelanggan. Bila pembicaraan sudah mengalir, mungkin Anda bisa juga menyisipkan satu dua pertanyaan yang lebih mendalam menyangkut kepuasan bekerja si karyawan di perusahaan yang bersangkutan.


0 komentar:

Posting Komentar

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Welcome

Powered By Blogger

Pesan Pembuka

O'Clock

animasi blog

Harapan

nopri-diningrat.blogspot.com

Tabel List

TUTORIAL BLOG

TRIK FACEBOOK

TECHNO

Kegagalan Adalah Suatu Kesuksesan Yang Tertunda
Follows: Twitter: @nopri_bikers
Facebook: nopri diningrat
E-mail: nopri_tdr@yahoo.com




Senin, 28 Januari 2013

Bonafiditas Perusahaan



BAGAIMANA MENCARI KAWAN DAN MEMPENGARUHI ORANG LAIN



Ø  Jangan menghakimi maka andapun tidak akan dihakimi
Ø  Desakan yang paling dalam pada sifat dasar manusian adalah ”hasrat untuk menjadi penting”
Ø  Teknik menghadapi manusia :
·         Jangan mengkritik, mencerca atau mengeluh
·         Berikan penghargaan yang jujur dan tulus
·         Bangkitkan keinginan dalam diri orang lain
Ø  Ekspresi diri adalah kebutuhan dominan dari sifat dasar manusia
Ø Individu yang tidak tertarik dengan kawan-kawannyalah yang mempunyai kesulitan terbesar dalam hidup dan memberikan luka terbesar bagi orang lain. Dari individu semacam itulah semua kegagalan muncul
Ø Kalau kita ingin berkawan biarkanlah diri kita melakukan sesuatu untuk orang lain
Ø Untuk mencari kebahagiaan kendalikanlah pikiran anda. Karena kebahagiaan tidak tergantung pada kondisi dari luar, tapi dari dalam
Ø Tetapkan dalam pikiran anda apa yang ingin anda kerjakan, kemudian tanpa membelokkan arah anda akan bergerak maju mencapai apa yang anda harapkan
Ø Membuat orang lain menyukai kita :
·         Bersungguh-sungguhlah menaruh minat pada orang lain, bukan mengusahakan orang lain tertarik padamu
·         Tersenyumlah
·         Nama seseorang bagi orang bersangkutan merupakan suara yang paling manis dan terpenting dalam bahasa apapun
·         Jadilah pendengar yang baik. Dorong orang untuk bicara tentang diri mereka
·         Bicaralah mengenai minat orang lain
·         Buat orang lain merasa penting dan lakukan itu dengan tulus
Ø  Memikat orag alin mengikuti cara berpikir anda :
·         Satu-satunya cara memeperoleh manfaat paling banyak dari perdebatan adalah menghindari perdebatan itu sendiri
·         Perlihatkan respek terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah berkata anda salah
·         Kalau anda salah akuilah dengan cepat dan simpatik
·         Mulailah dengan cara yang ramah
·         Usahakan orang lain mengucapkan ya, ya dengan segera
·         Biarkan orang lain yang lebih banyak berbicara
·         Biarkan orang lain merasa bahwa ITU ADALAH IDENYA
·         Cobalah dengan sungguh-sungguh melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain
·         Bersimpatilah dengan ide dan hasrat orng lain
·         Imbaulah motif-motif yang lebih mulia
·         Dramatisir ide-ide anda
·         Lemparkan tantangan
Ø  Sikap seorang pemimpin:
1.      Bersikaplah tulus. Jangan janjikan apapun yang tidak bisa anda tepati. Lupakan keuntungan bagi diri anda dan pusatkan pada keuntungan orang lain
2.      Ketahuilah dengan tepat apa yang sesungguhnya yang anda ingin agar orang lain kerjakan
3.      bersifatlah empatik. Tanyakan diri anda apa yang sungguh – sungguh diinginkan orang lain
4.      pertimbangan keuntungan yang akan diterima orang lain dari mengerjakan apa yang anda sarankan
5.      cocokkan keuntungan tersebut dengan keinginan orang lain itu
6.      Ketika mengajukan permintaan usahakan itu dalam bentuk yang menimbulkan ide bahwa diri sendiri akan memperoleh manfaat

Ø  Menjadi pemimpin :
·         Mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur
·         Beritahu kesalahan orang lain dengan cara tidak langsung
·         Bicarakan kesalahan anda dulu sebelum mengkritik orang lain
·         Ajukan pertanyaan sebagai ganti memberi perintah langsung
·         Biarkan orang lain memyelamatkan muka
·         Pujilah peningkatan sekecil apapun dan puyjilah setiap peningkatan. Jadiala “tuluslah dalam penerimaan anda dan murah hati dalam penghargaan anda”
·         Beri orang lain reputasi yang baik untuk mereka penuhi
·         Gunakan dorongan. Buatlah kesalahan tampak mudah diperbaiki
·         Buat orang lain senang melakukan hal yang anda sarankan

Mereka-reka Bonafiditas Perusahaan

Kadang pelamar kerja yang telah diterima di suatu kantor merasa salah masuk karena ternyata perusahaannya tidak bonafid dan tidak profesional. Sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal semacam ini. Silakan simak hal-hal berikut ini.

Kepatuhan Terhadap Aturan Ketenagakerjaan

Perusahaan yang bonafid umumnya mengindahkan peraturan yang ditetapkan pemerintah di bidang ketenagakerjaan. Hal ini sebaiknya Anda cek. Bila proses seleksi berupa wawancara, psikotes dan tes kesehatan telah dilalui dengan baik dan Anda masih mendapatkan panggilan berikutnya, maka besar kemungkinan Anda akan diterima bekerja. Jika pada kesempatan wawancara terdahulu Anda belum diberi kesempatan bertanya, inilah saatnya melakukan verifikasi. Perhatikan atau bila perlu tanyakanlah dengan cara yang santun mengenai :
-         Apakah standar gajinya memenuhi UMR yang ditetapkan pemerintah?
-         Adakah tunjangan/asuransi kesehatan dan tunjangan hari Raya?
-         Adakah Jamsostek bagi karyawannya?
-         Adakah kontrak kerja atau surat pengangkatan bagi karyawan baru?
-         Adakah peraturan perusahaan yang baku dan disahkan oleh Depnaker?

Standar Baku Organisasi Profesional
-         Apakah ada struktur organisasi yang jelas dan baku di perusahaan tersebut?
-         Adakah standar baku penilaian atas kinerja karyawan (performance appraisal) untuk kemungkinan naik gaji atau jabatan?
-         Adakah rincian tugas dan wewenang untuk masing-masing jabatan?

Lakukan Pengamatan Fisik dan Survei Diam-diam
-         Yang paling mudah diamati, tentunya adalah lokasi dan keadaan fisik kantor yang bersangkutan. Tetapi perlu diingat bahwa lokasi kantor di kawasan bergengsi di gedung yang megah bukan merupakan jaminan atas bonafiditas perusahaan yang bersangkutan. Bisa saja itu sengaja dimaksudkan sebagai kamuflase yang menyesatkan.
-         Perusahaan yang baik dan dikelola secara profesional umumnya menyediakan lingkungan kerja yang kondusif dan menetapkan aturan yang jelas bagi karyawannya. Sewaktu menghadiri wawancara, lakukanlah pengamatan fisik. Walau sekilas, tetapi seringkali bisa memberikan gambaran. Bagaimana tata letak ruang kerja karyawan? Apakah teratur dan kondusif untuk bisa melakukan pekerjaan dengan baik? Apa yang sedang dilakukan oleh karyawan-karyawannya? Serius bekerja atau makan dan bergerombol bercengkrama di saat jam kerja? Bila duduk di depan komputer, apa yang sedang dikerjakannya? Bekerja dengan program Microsoft Excel atau bermain game barangkali?
-         Perusahaan yang baik dan dikelola secara profesional umumnya menyediakan lingkungan kerja yang kondusif dan menetapkan aturan yang jelas bagi karyawannya. Sewaktu menghadiri wawancara, lakukanlah pengamatan fisik. Walau sekilas, tetapi seringkali bisa memberikan gambaran. Bagaimana tata letak ruang kerja karyawan? Apakah teratur dan kondusif untuk bisa melakukan pekerjaan dengan baik? Apa yang sedang dilakukan oleh karyawan-karyawannya? Serius bekerja atau makan dan bergerombol bercengkrama di saat jam kerja? Bila duduk di depan komputer, apa yang sedang dikerjakannya? Bekerja dengan program Microsoft Excel atau bermain game barangkali?
-         Bila perusahaan yang dituju memiliki outlet atau showroom, cobalah mengunjunginya. Mungkin awalnya Anda bisa berpura-pura berlaku sebagai pembeli untuk mengamati profesionalitas petugas yang melayani Anda. Perusahaan yang baik dan bonafid pasti akan memberikan training bagi semua stafnya yang bertugas di lini depan agar bisa memberikan layanan yang baik bagi pelanggan. Bila pembicaraan sudah mengalir, mungkin Anda bisa juga menyisipkan satu dua pertanyaan yang lebih mendalam menyangkut kepuasan bekerja si karyawan di perusahaan yang bersangkutan.



Kata Kata Bijak

Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah menjadi teladan bagi sesama.

Nasihat Sukses

Jika Anda tidak mampu mendekatinya, mengatasinya atau melewatinya, lebih baik Anda bernegosiasi dengannya.

Kata-Kata Mutiara

MOTIVASI : Jangan berhenti berupaya ketika menemui kegagalan. Karena kegagalan adalah cara Tuhan mengajari kita tentang arti kesungguhan.

Box Coment

 
Template Indonesia | nopri diningrat
Aku cinta Indonesia_ Nopri diningrat_ Pagaralam